3 alasan kenapa pencak silat di Indonesia menjadi istimewa

Kamu atlet pencak silat? Berikut alasan yang bisa membuatmu bangga karenanya!

Pencak silat sebenarnya bukan asli dari Indonesia, tetapi dari Nusantara. Wilayah-wilayah yang menjadi bagian Nusantara adalah Indonesia, Filipina, Thailand, Singapura, Brunei, dan Malaysia. Maka tak heran jika ada negara yang ingin mengakuisisi cabor ini sebagai bagian dari tradisi dan budaya mereka, walau pada akhirnya tahun 2019 telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu bentuk warisan tak benda yang berasal dari Indonesia. Nah, berikut alasan keistimewaan pencak silat di Indonesia.

1.       Termasuk salah satu budaya yang harus dilestarikan.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa tradisi ini memiliki dua kata: pencak dan silat, yang digunakan oleh dua daerah, yakni Jawa dan Sumatra. Bukan sekadar nama, tetapi pencak silat di Indonesia sendiri memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan dengan tujuannya masing-masing. Terkadang, pencak silat menjadi sarana untuk menunjukkan kebolehan  di atas gelanggang bagi orang-orang yang memiliki keberanian lebih dan suka tantangan. Sebab resiko yang harus dihadapi dalam mendalami pencak silat sangatlah beragam. Mulai dari terkilir, hingga patah tulang, dan resiko yang lain---yang mungkin saja lebih dari itu. Akan tetapi, tak jarang pula ada orang-orang yang memilih hanya mempelajari dan tidak ditunjukkan dalam bentuk apa pun, cukup dirinya yang mengerti.

    Penyebaran atlet-atlet pencak silat di Indonesia sangat terlihat. Puncaknya tampak saat kejuaraan Sea Games di Indonesia beberapa tahun yang lalu, tepatnya di Palembang dan Jakarta tanggal 11-22 November 2011 dengan jumlah cabor 44, salah satunya pencak silat. Pencak silat kala itu menjadi ajang yang paling di tunggu-tunggu. Bukan hanya para atlet pencak silat yang masih berkiprah di daerahnya masing-masing, tetapi juga guru, tentara, pedagang-pedagang kecil yang ingin menyaksikan Indonesia Raya di perdengungkan di stadion. Nah, apakah mereka berasal dari perguruan yang sama? tentu tidak! Mereka berasal dari perguruan yang berbeda dan daerah yang berbeda.

    Lebih spesial lagi dalam pencak silat di Indonesia adalah berbagai daerah  memiliki ciri khasnya masing-masing, dan tentunya, teknik yang dimiliki juga berbeda. Meski begitu, keberagaman tersebut menjadi sebuah solidaritas dan ajang untuk mencari teman sebanyak-banyaknya ketika berbagai kejuaraan memaksakan mereka untuk saling hidup berdampingan satu sama lain. Adakalanya percekcokan hadir saat naik ke atas gelanggang dan berhadapan menjadi musuh. Namun, berbeda ketika turun dari gelanggang, ‘kan? Ada kiat-kiat yang diajarkan dalam pencak silat untuk tidak memiliki dendam di bawah gelanggang.

2.       Bukan hanya mempelajari tentang menyerang musuh

Seperti di paragraf sebelumnya, dalam mendidik atlet ada kiat-kiat untuk menghindari dendam antar perguruan. Akan tetapi, ada yang lebih dari sekadar itu. Pencak silat sendiri memiliki cara untuk memberikan sebuah atraksi yang dikait-kaitkan dengan hal mistis. Padahal, tidak semunya itu benar. Oleh karena itu, banyak orang yang menganggap bahwa ini adalah kekuatan misterius yang di miliki oleh para atlet. Namun, itu juga tidak sepenuhnya benar. Ada waktunya para atlet untuk melatih pernapasan, dalam tahap ini, mereka dituntun kearah mana saja energi dikumpulkan. Nah, apa kalian tahu apa yang lebih istimewa dalam mengolah pernapasan di pencak silat? Dalam satu tarikan napas, kita diajarkan untuk menyalurkannya ke berbagai sasaran. Jelas bahwa teknik ini menjadi rahasia antar atlet pencak silat, khususnya di Indonesia.

3.       Masa depan yang cerah

    Saat ini, Atlet-atlet pencak silat di Indonesia bisa mendapatkan masa depan yang menjanjikan. Bukan hal yang mudah memang, sebab dalam pengikhtiaran membutuhkan kesabaran dan niat yang tidak kunjung surut. Banyak atlet-atlet yang sudah mendapatkan hak atau hadiah khusus oleh pemerintah. Artinya, pemerintah sudah tidak mengabaikan pencak silat. Bagusnya adalah berbagai hadiah yang menggiurkan ini menjadi sulut api yang membantu para atlet untuk menjadi lebih baik lagi dan lagi. Meski sering kali para pelatih mengatakan bahwa hadiah ini bukan sesuatu yang harus menjadi pertimbangan mereka untuk mengikuti pencak silat. Sebab niat sesungguhnya sebenarnya harus ada pada diri masing-masing dan Tuhan.

Itu dia alasan kenapa pencak silat di Indonesia menjadi istimewa dan harus menjadi kebanggan tersendiri bagi kamu yang sudah menjadi bagian dari pencak silat dan tentunya bisa menjadi cabor pilihan bagi kamu yang masih ragu untuk mendalaminya.

Komentar