Menikah Di Usia Muda Atau Menikah Di Usia Matang, Itu Pilihan.

 


Acieee! Gak usah pusing mikirin jodoh, rezeki orang itu beda-beda.

            Sempat ada perdebatan melalui chat gua beberapa bulan yang lalu setelah ada undangan nikah lewat sebuah grup kelas. Doi nikah di usia muda menyusul dua orang lainnya. Epicnya adalah, mereka semua bergender wanita. Ya, kurang lebih sih usia mereka masih 21 tahunan. Yang satunya udah nikah setelah lulus SMA, terhitung tiga bulan selepas wisuda. Tak lama, kurang lebih satu tahun ada yang nyusul nikah lagi. Sesungguhnya, di sinilah kesetiaan pertemanan dan uang gua di uji. Wkwkwk…

            Nah, dalam grup kelas kecil yang beranggotakan 4 biji sperma, muncul perdebatan yang dimulai dari pertanyaan “apa mereka mampu?”

            Gua mikir, “siapa elu?” Bukannya kalau mereka susah juga bukan urusan kita, yak? Meski temen sekelas juga gak bakalan bisa bantu apa-apa kalau ada apa-apanya. Tapi, dasar gua yang gabut dan hanya chat itu sebagai hiburan gua, ya tersimaklah dengan baik.

            Grup ini isinya ciwi-ciwi semua, guys. Jadi gak ada buaya darat, fiks!

            Ada yang bilang kalau nikah muda itu resikonya gede. Emang enak kalau ada part sunah rasul, tapi ya kali cuma part itu mulu setiap hari, setiap jam. Sandang, pangan, papan juga harus terpenuhi. Iya kalau dapet mertua super duper baik dan ramah, sukur-sukur orang kaya punya tanah penghasil tebu berhektar-hektar dijamin sama pabrik gula pula. Nah, kalau yang kagak? Udah nikah sama orang pas-pasan, mertua cerewet mulu, eh, si suami ikutan berantem. Ini mah sama aja kayak masuk ke kandang buaya ama singa.

            Saat itu gue jadi ikutan mikir kalau yang doi omongin itu ada benernya. Eh.

            Ujuk-ujuk ada seonggok balon chat muncul dengan lugas ngomong, “kalau elu iri ngomong dong! Habis putus sama Bejo aja dilampiasin ke orang”.

Gua jadi inget masa lalu kalau mereka berdua emang punya prinsip yang beda, yang satu emang pengen nikah muda dan segera nyusul tiga wanita yang udah sold out duluan; yang satu udah dari orok gak pengen nikah muda meski udah punya banyak cem-ceman. Setelah dipikir-pikir lagi apa yang mereka bahas itu gak masalah, kok. Mau elu nikah muda, nikah tua, itu sah-sah aja. Gak akan masuk ke penjara dan dituntut sama khalayak ramai. Kan idup-idup elu!

Nah, buat elu yang emang setuju kalau nikah itu gak perlu buru-buru dan maunya nikah di usia matang menjurus tua, it’s okay. Elu gak akan kena azab karena milih untuk berkarier dulu, cari uang dulu yang banyak buat jamin hidup elu di masa depan, hura-hura dulu, belajar yang banyak sampai buku di kamar penuh. Yang penting elu enjoy sama hidup lu dan gak gunain kesempatan buat maksiat. Jangan sampek elu ketangkep warga karena kencan di bawah pohon kamboja malem-malem. Kalau emang dasarnya udah niat fokus sama kerjaan, ya udah, pikirin itu aja dulu. Jangan ngarep dapet jodoh tampan yang jatuh dari kahyangan. Selesai.

Terus buat elu yang udah nikah, udah siap nikah, atau udah proses mau nikah muda aku ucapin selamat dulu kali, yee dari aku yang belum kunjung dapet jodoh, wkwkwk. Jangan lupa belajar terus meski udah nikah, inget, setelah nikah dan hamil akan ada brojolan yang harus elu didik juga. Jangan lupa berhemat kalau suami elu berekonomi pas-pasan, sebab gitu-gitu juga cowok pilihan elu. Udah bukan saatnya kamu seneng-senang, dateng ke tempat sani-sini seenak jidat, and udah semestinya patuh sama suami.

Selamat hidup. Uwuw.

Komentar